Praktek House Keeping
Praktek Haouse Keeping di SMK Widya Utama |
Housekeeping berasal dari kata house yang berarti rumah, wisma, hotel,
dan to keep yang berarti merawat atau memelihara. Jadi housekeeping adalah bagian atau departemen yang
mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan
memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan
menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah bagian dari hotel
yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest
room),
ruangan umum, restauran, bar, outlet lainnya. Housekeeping departemen, juga merupakan sumber
pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu yang menginap tentu
mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan dengan uang yang
harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Sebagai
sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh
tenaga-tenaga terampil dan professional.
Fungsi housekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan
pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeeping oleh karena itu
maka harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di
hotel.
Adapun
Tugas bagian Housekeeping adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan suasana hotel yang bersih,
menarik, nyaman, dan aman.
2. Memberikan
pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas
saat berkunjung maupun menginap di hotel.
3. Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan
kamar-kamar.
4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh
outlet dan ruangan umum di hotel.
A. Tanggung Jawab bagian housekeeping
meliputi area :
1. Ruang tamu (guest room)
2. Gang ( corridor)
3. Restauran dan banquet ( restaurant
and banquet hall)
4. Ruang kantor ( office )
5. Locker karyawan ( employee
Locker)
6. Toilet karyawan ( Toilet
locker )
7. Toilet tamu ( guest toilet )
8. Taman di dalam dan di luar ruangan (in and
out door garden)
9. Kolam renang ( swimmingpool),
10. Halaman
parkir ( parking area )
B. Sasaran
Beberapa sasaran housekeeping adalah :
1. Bersih
Kebersihan
di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan
terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah
langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
2. Nyaman
Lingkungan
dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang
memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau
berkunjung kembali ke hotel.
3. Aman
Faktor penting
yang selalu di dambakan pengunjung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu
selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari
kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.
4. Menarik
Dengan dasar
kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi
yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
Komentar
Posting Komentar