Praktek Perbankan di Mini Bank



SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) Widya Utama, Baleendah punya cara cerdas untuk mendorong semangat menabung siswa-siswinya. Sekolah yang terletak di Kecamatan Baleendah Kab. Bandung ini membangun bank mini di lingkungan sendiri. Di mana mulai nasabah hingga petugas banknya adalah siswa di sekolah tersebut. Bank mini yang dioperasikan sejak 2017 ini digagas oleh sejumlah Pendidik di Jurusan Akuntansi. Pada awal berdirinya, bank mini ini bertujuan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas, yakni praktik pelajaran Akuntansi Perbankan.
Bank mini yang diberi nama Widya Utama Bank  ini sebagai laboratorium terapan akuntansi.  Dari sisi permodalan, jumlahnya sangat terbatas, karena hanya mengelola tabungan sejumlah siswa yang berminat menabung yang dilakukan secara manual. Bank mini yang dikelola siswa ini  tidak mengeluarkan pajak, dan tidak pula memberi bunga pada penabung. Karena itu, bank mini tidak akan memberatkan atau tidak memberi beban bagi para penabung. Hal itu sekaligus juga bentuk  pembelajaran tentang pelayanan publik dan dunia perbankan.
Seiring dengan meluasnya wawasan dan tuntutan kebutuhan siswa, guru, dan karyawan SMK Widya Utama, mulai 2017 Bank Mini Widya Utama bekerjasama dengan Bank Jabar Syariah Bojongsoang. Sejak itu, penanganan kegiatan di bank mini dilakukan secara komputerisasi,  yakni  menggunakan aplikasi BMS.
Salah satu kelebihan dari aplikasi BMS ini dapat diakses melalui BMS Mobile.  Pelayanan yang dikembangkan dalam bank mini ini mulai pembayaran semua keuangan sekolah dan kegiatan simpan pinjam. Nasabah bank mini ini akhirnya tak hanya siswa Jurusan Perbankan saja. Tapi siswa dari jurusan lain yang ingin menabung pun diperbolehkan.
Bank mini  ini diharapkan dapat membantu guru maupun siswa dalam hal finansial, memudahkan bertransaksi dengan sistem yang cepat dan akurat melalui produk-produk yang ditawarkan. Misalnya, tabungan siswa, tabungan guru, PSM (Partisipasi Masyarakat), dan lain-lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktek House Keeping